Tiga pendaki Gunung Tampomas Sumedang tewas

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Sumedang (BNNews) – Tiga pendaki berusia remaja ditemukan tewas di dalam tenda di kawasan Gunung Tampomas, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Minggu, diduga kedinginan atau terserang hipotermia.

Humas Basarnas Jabar Banjarnahor mengatakan, ketiga korban yang belum teridentifikasi itu pertama kali ditemukan dalam kondisi meringkuk seperti menahan dingin. “Korban MD (meninggal dunia) dikarenakan hipotermia, korban diperkiraan berumur belasan, posisi korban meringkuk sambil menahan kedinginan,” kata Joshua.

Ia menuturkan, Basarnas Jabar mendapatkan laporan awal adanya tiga pendaki tersambar petir, Minggu siang, kemudian tim gabungan menuju lokasi kejadian untuk membantu evakuasi para korban tersebut.

Hasil pemeriksaan di lokasi kejadian, kata dia, ditemukan tiga remaja dengan pakaian basah terkujur kaku di tenda, kemudian tim gabungan mengevakuasi para pendaki tersebut. “Info yang didapat dari tim di lapangan korban terkujur kaku di dalam tenda,” katanya.

Ia menyampaikan, ketiga korban saat ini sudah dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut termasuk mencari tahu identitasnya.

Joshua mengimbau kepada para pendaki gunung untuk terlebih dahulu mempersiapkan diri, selain fisik yang prima juga harus ditunjang dengan perlengkapan peralatan selama berada di alam bebas.

Apalagi saat musim hujan, kata dia, ancaman terserang hipotermia cukup tinggi dan bisa menyerang para pendaki yang berada di ketinggian atau pegunungan. “Potensi terkena hipotermia akan meningkat ketika pendaki juga mengenakan pakaian basah, kami berharap kejadian ini tidak terulang kembali,” katanya.

Sumber : Basarnas

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.