Pendangkalan dan Penyempitan Saluran Air Mengakibatkan Kampung Ciroyom Kembali Diterjang Banjir

Sharing is caring!

Garut (BNNews) – Banjir kembali menerjang wilayah Desa Barusuda Kecamatan Cigedug Kabupaten Garut. Tepatnya di Kampung Ciroyom Tengah RT 05 RW 02 Desa Barusuda Kecamatan Cigedug, Kabupaten Garut. Selasa (05/3)

Camat Cigedug, Mia Herlina dan Kepala Desa Barusuda Iman Rustaman saat mengunjungi salah satu warga yang terdampak banjir. Selasa (05/2)

Banjir terjadi pukul 14.30 wib, akibat hujan deras dari pukul 14.00 wib di wilayah Kecamatan Cigedug, dan tak kuatnya daya tampung saluran air, disebabkan oleh pendangkalan dan penyempitan saluran air. Sehingga air meluap ke pemukiman warga.

“Sedikitnya 7 rumah warga, dan kolam ikan milik warga terkena dampak banjir tersebut, beruntung tak ada korban jiwa,” ucap Iman Rustaman, Kepala Desa Barusuda.

Sementara Camat Cigedug Mia Herlina, begitu mendengar informasi ada musibah, dirinya terjun langsung meninjau lokasi dan mengunjungi warga yang terdampak.

Dalam kesempatan tersebut, Mia Herlina selaku Camat mengucapkan turut berduka atas kejadian tersebut dan berharap agar warga bersabar menyikapi musibah yang terjadi.

“Saya turut berduka atas musibah ini, dan berharap semoga ibu dan keluarga di sini bersabar atas musibah ini,” ucapnya kepada Ibu Kaka (45) salah seorang warga yang terdampak.

“Saya menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati saat musim hujan seperti ini. Apalagi diperkirakan sampai akhir maret, hujan akan terus mengguyur wilayah ini. Lebih baik mencari tempat aman kalau terjadi hujan deras lagi,” imbuhnya.

Selanjutnya Mia Herlina menginstruksikan kepada Kades untuk segera melakukan assessment, dan melakukan musyawarah dengan masyarakat setempat guna memperbaiki saluran air yang melintas di Kampung tersebut. (Kusnadi/R81)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *