Dandim 0119/BM Bersama Tim Gabungan Tinjau Galian C Ilegal Bener Meriah

  • Whatsapp

Sharing is caring!

BN News || Bener Meriah – Komandan Kodim 0119/BM Letkol Kav Ino Dwi Setyo Darmawan, SE.M.Han, bersama Tim Gabungan yang terdiri dari jajaran Forkopimda dan Forkopimcam, melakukan pengecekkan pada sejumlah Galian C yang berada di wilayah Desa Wih Pesam, dimulai pada hari Kamis, (07/03) pukul 10.15 Wib, kemarin, sampai dengan hari ini, Jum’at (8/03/24).

Bacaan Lainnya

Dandim 0119/BM Letkol Kav Ino Dwi Setyo Darmawan SE.M.Han saat dikonfirmasi membenarkan. Ia, bersama jajaran Tim Gabungan dan Forkopimda serta Forkopimcam melakukan pengecekan ke lokasi tempat galian C di seputaran kecamatan Wih Pesam, tepatnya di bawah kaki gunung Berapi Burni Telong yang berstatus masih aktif.

Adapun hasil pengecekan tersebut, Ino, selaku Dandim, menyampaikan ” dari 6 titik galian C tersebut masih ditemukan kegiatan galian yang belum sesuai dengan norma pelestarian lingkungan serta potensi kelemahan administrasi yang masih belum tegas seperti ketentuan kedalaman kegiatan galian, komitmen konservasi alam dan lain-lain. Ditambah lagi lokasi galian C tersebut bersebelahan dengan kesatrian TNI yakni Mako yonif 114/SM serta berada di jalur evakuasi bencana letusan Gunung Merapi Aktif dalam konsep mitigasi bencana di wilayah Kabupaten Bener Meriah. Bahkan ada beberapa lokasi yang sengaja ditinggalkan oleh penambang ilegal serta memberikan dampak kerugian besar terhadap alam apabila tidak diberikan tindakan tegas oleh Pemerintah.

“Kodim 0119 BM akan terus mendukung upaya Pemda Bener Meriah dalam melaksanakan proses lanjutan melalui Rapat Terpadu berdasarkan kegiatan pemeriksaan di lapangan oleh tim gabungan ini untuk menghasilkan suatu konsepsi yang tepat dan akurat guna menutup celah administratif terhadap upaya oknum terkait yang dapat merugikan lingkungan dan masyarakat Bener Meriah,” terang Ino.

Tampak hadir dalam Sidak tersebut selain Dandim 0119/BM, Letkol Kav Ino Dwi Setyo Darmawan S.E.M.Han, kegiatan tersebut juga dihadiri Asisten Dua Pemkab Bener Meriah, Kepala Staf Kodim 0119/BM, Mayor Inf M.Indra S., Asisten 2 Bener Meriah, Sayutiman., Kepala DPMPTSP, Abdul Kadir ST,. M.Si, Kadis Lingkungan, Susnaini, S.Ag. Pjs.Pasi Intel Kodim 0119/BM, Letda Inf. Dodi Kurnia, Kasat Reskrim Polres BM, Iptu Jeffriyandi, S.Tr.K.,S.I.K, Perwakilan Staf Dinas PU Kab.BM, Anggota Polres BM, Anggota Unit Makodim dan Staf Dinas Lingkungan Hidup.

Ama Robby

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.