Dusun Pancurengdang Tonggoh Penyuplai Jagung dari Majalengka

Sharing is caring!

Majalengka (BNNews) – Kabupaten Majalengka adalah penghasil jagung terbesar di Jawa Barat, salah satu satunya Dusun Pancurendang Tonggoh Kecamatan Majalengka.

Petani yang ada di Dusun Pancurendang ada tiga kelompok, sementara areal lahan yang di tanami lahan milik masyarakat 100 Hektar, lahan kehutanan 400 Hektar, jadi total  semua lahan 500 Hektar. Dari jumlah lah tersebut Jagung yang dihasilkan kurang lebih 2000 ton.

Menurut Waryono salah seorang ketua kelompok Margamukti mengatakan, “setiap tahun jagung dari Pancurendang Tonggoh selalu berhasil mengumpulakan jagung kering di atas 2000 ton dan pengepul ada 4 orang,” ucapnya.

“Saya sendiri mengepul dari petani mendapat 600 ton. Semùa atas kebaikan pemerintah yang sudah membagikan benih jagung pada petani,” imbuh Waryono.

Musim tahun ini harga jagung mencapai level harga 6 ribu rupiah per kilogramnya, sedangkan harga terendah ditetapkan pemerintah sebesar 3 ribu seratus rupiah.

Agar petani lebih meningkat kata waryono, “pemerintah jangan mengimpor jagung karena sekarang jagung dari Majalengka akan melimpah, tinggal pembinaan kelompok harus berkelanjutan, ditingkatkan dan bantuàn benih yang mencukupi serta yang berkuàlitas,” pungkasnya. (Tatang)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *