Pengawasan Kearsipan Jateng Terbaik Nasional

Sharing is caring!

Semarang (BNNews) – Pengawasan kearsipan dan perpustakaan Provinsi Jawa Tengah mendapat penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Seperti berita yang dilansir dari tribunjateng, bahwa Provinsi Jateng menjadi satu-satunya Provinsi terbaik di Indonesia dalam pengawasan kearsipan mengungguli Jawa Barat di urutan kedua dan Daerah Istimewa Yogyakarta di urutan ketiga.

Penghargaan tersebut diberikan oleh ANRI pada Rapat Koordinasi Evaluasi Hasil Pengawasan Kearsipan Tahun 2019 di Padang, Sumatera Barat, baru- baru ini.

Penghargaan diberikan kepada daerah yang berhasil melakukan pengawasan kearsipan. Meliputi kelayakan dan mutu penyelenggaraan kearsipan oleh unit kearsipan, lembaga kearsipan, serta lembaga penyelenggara jasa dan diklat kearsipan sesuai prinsip, standar dan kaidah kearsipan yang ditetapkan dalam Keputusan dan Sertifikat Akreditasi Kearsipan oleh Kepala ANRI.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Prijo Anggoro mengatakan, penghargaan tersebut merupakan wujud kerja keras semua pihak di Jawa Tengah.

Pihaknya mengaku bangga dengan predikat itu, karena Jateng menjadi satu-satunya provinsi yang berpredikat sangat baik.

“Tentu ini sangat membanggakan bagi Jawa Tengah karena Jateng menjadi terbaik nasional. Ini akan lebih memotivasi kami dalam menata arsip karena ternyata arsip ini sangat penting dan menjadi salah satu faktor suksesnya pembangunan,” kata dia.

Diraihnya predikat tersebut lanjut Prijo tidak lepas dari inovasi yang dilakukan. Selain fokus pada kearsipan SMA/SMK, pihaknya lanjut Prijo juga fokus dalam menata arsip-arsip dari instansi terkait, khususnya OPD.

“Kami juga memberikan pendampingan dan pembinaan di seluruh kabupaten/kota untuk pengawasan kearsipan ini. Kebutuhan sarana prasarana penunjang serta sumber daya manusia juga kami tingaktkan,” tegasnya. (andre/andu)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.