Kodim Batang Bantu PMI Tambah Stok Darah

Sharing is caring!

BN NEWS. – Batang

Sejumlah anggota Kodim 0736/Batang melakukan aksi donor darah untuk membantu menambah stok darah, karena Palang Merah Indonesia (PMI) mengalami kekurangan saat Covid-19 mewabah di Kantor PMI Kabupaten Batang, Senin (30/3/2020).

Komandan Kodim 0736/Batang Letkol Kav Henry RJ Napitupulu melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasiter) Kapten Inf Winarno menyampaikan, kegiatan donor darah ini dilakukan sebagai wujud bakti kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sekaligus untuk membantu Pemerintah Daerah khususnya PMI Batang, yang mengalami kekurangan stok darah, karena wabah Covid-19.

“Semoga kegiatan donor ini bisa membantu PMI untuk dimanfaatkan bagi masyarakat yang membutuhkan transfusi darah,” harapnya.

Kapten Inf Winarno mengatakan, selama tiga hari ke depan Kodim 0736/Batang menerjunkan sebanyak 60 anggotanya untuk mendonorkan darahnya.

“Tiap harinya ada dua gelombang yaitu pagi dan sore sebanyak 20 anggota Kodim Batang yang siap mendonorkan darah,” tuturnya.

Di samping gerakan donor darah, Kapten Inf Winarno juga mengimbau kepada masyarakat untuk selalu mengikuti anjuran Pemerintah Daerah, dengan menerapkan physical distancing yaitu menjaga jarak aman dan mengurangi kegiatan yang tidak begitu penting di luar ruangan dan mengutamakan tetap berada di dalam rumah, agar terhindar dari wabah Covid-19.

“Jangan lupa selalu menjaga pola makan dan kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan pakai sabun serta istirahat yang cukup, agar daya tahan tubuh tetap terjaga,” tegasnya.

Sementara Bagian Humas PMI Batang, Budi Setya Pranoto mengatakan, sejak pandemi Covid-19, semua Mobil Unit Donor Darah terpaksa ditunda untuk berkeliling membantu masyarakat yang rutin mendonorkan darahnya, sehingga mengakibatkan kekurangan stok darah.

Namun dengan gerakan serentak anggota Kodim 0736/Batang, PMI Batang sangat terbantu sehingga jumlah stok darah tetap terjaga.

“Kami mengucapkan terima kasih atas dedikasi para anggota Kodim 0736/Batang untuk membantu menambah stok darah PMI Batang,” ungkapnya.

Budi mengharapkan, bagi warga yang selama ini selalu mendonorkan darahnya, dapat datang langsung ke Kantor PMI, untuk kembali melakukan donor darah secara rutin karena dibutuhkan oleh banyak pasien.

“Setiap bulannya PMI harus menyediakan hampir 1.000 kantong darah melalui peran dari Mobil Unit Donor Darah, namun sejak ada wabah Covid-19 mengakibatkan kekurangan hingga 50%,” terangnya.

Ia menambahkan, sampai sejauh ini pasien di beberapa rumah sakit tidak terlalu membutuhkan transfusi darah. Namun untuk mengantisipasi terjadinya peningkatan pasien yang membutuhkan darah secara mendadak dan dalam jumlah yang banyak, maka PMI selalu mengimbau warga untuk rutin mendonorkan darahnya. [pendim batang]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *