Koramil 0111/Pagelaran Berikan Pengetahuan Dasar Survival dan Navrat Kepada Peserta Latgab Anggota Pramuka Penegak

  • Whatsapp
banner 468x60

Sharing is caring!

Pandeglang (BNNews) – Anggota Koramil 0111/Pagelaran Kodim 0601/Pandeglang Sertu Yatno dan Serda Erna Widayat memberikan pembekalan materi Navigasi Darat dan Teknik Survival kepada siswa-siswi Gerakan Pramuka Tingkat Penegak, dalam acara latihan gabungan  dari 9 pangkalan/ Gugus Depan (Gudep) sebanyak 130 orang bertempat di SMKN 9 Pandeglang Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang-Banten. Jum’at (15/03/2019)


Sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan panitia pelaksana, rencana pemberian kedua materi tersebut akan dilaksanakan selama dua hari hingga hari Sabtu besok, dengan agenda hari pertama diisi dengan teori Navrat dan Survival, untuk hari kedua keesokan harinya diisi dengan kegiatan praktek dilapangan.

Menurut Sertu Yatno, “materi yang diberikan diantaranya membaca tanda-tanda peta, tanda-tanda alam untuk menentukan arah mata angin, pengenalan jenis peta, orientasi peta sampai dengan mencari kedudukan di peta dan dialam. Sedangkan untuk materi survival yang diberikan diantaranya, pengertian survival dan cara mengatasi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi di alam bebas,” paparnya.

Lebih lanjut Sertu Yatno mengatakan, “selain memberikan pelajaran cara hidup di alam bebas, pada acara tersebut disisipkan pula pembinaan wawasan kebangsaan, agar para peserta latihan gabungan ini memiliki jiwa nasionalisme dan semangat bela negara yang tinggi dalam menghadapi berbagai ancaman di era globalisasi ini untuk memajukan bangsa dan negara sesuai dengan isi Trisatya salah satunya yang berbunyi “Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat,” lanjutnya.

Sementara itu Serda Erna Widayat menyampaikan, “penurunan jiwa nasionalisme dan semangat bela negara dikalangan generasi muda sekarang ini sungguh sangat memprihatinkan, sehingga kami selaku aparat teritorial yang bersentuhan langsung dengan para generasi muda di lingkungan masyarakat, siap memberikan dan menyampaikan pembinaan wawasan kebangsaan bagi para generasi muda di wilayah binaan,” pungkasnya. (Pendim 0601/Pandeglan-R81)

 

Pos terkait