Wakil Bupati Cianjur Resmikan Kampung Tanggap Bencana di Desa Karangnunggal Cibeber

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Reportase : Taufik Winata
Cianjur – Jawa Barat

BN News | CIANJUR ~

Wakil Bupati Cianjur,TB Mulyana meresmikan Kampung Tanggap Bencana (KATANA) di Kampung Pasarean Munjul Desa Karangnunggal Kecamatan Cibeber,Cianjur,Rabu,(09/06/21)

Kedatangan Wakil Bupati disambut oleh Camat Cibeber Ali Akbar bersama Kapolsek Cibeber Kompol Bambang Kristiono dan Kepala Desa Karangnunggal M.Zamzam Mubarak.

Acara peresmian KATANA ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wabup Cianjur TB Mulyana, dan penyerahan plakat,kotak P3K,peta zona bahaya bencana dan tas siaga bencana kepada Kepala Desa Karangnunggal,M.Zamzam Mubarak.

Hadir dalam acara, kepala Departemen BAZNAS provinsi Jawa Barat Ajat Sudrajat, mewakili ketua BAZNAS Jawa Barat, ketua BAZNAS Cianjur,H.Yosef Umar dan kepala BPBD Cianjur(diwakili Rudi Wibowo )

 

Pembentukan kampung tanggap bencana, diinisiasi oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Propinsi Jawa Barat, dalam upaya menjembatani masyarakat dengan pemerintah dalam hal penanggulangan bencana di kabupaten Cianjur khususnya dan di Jawa Barat secara keseluruhan.

BAZNAS siap untuk menjadi mitra pemerintah dalam menanggulangi bencana alam dan kemaslahatan umat lainnya.BAZNAS juga telah memulai komitmennya dalam penanggulangan kebencanaan bersama pemerintah dengan turun langsung ke lapangan dan memberikan bantuan yang diperlukan warga korban bencana alam serta memberikan pelatihan kepada 30 anggota Retana guna mempersiapkan tenaga personil bantuan yang handal saat terjadi bencana.

Setelah acara peresmian dilakukan, digelar simulasi penanganan dan evakuasiĀ  korban bencana tanah longsor oleh anggota Retana.

KATANA adalah program BAZNAS provinsi Jawa Barat pertama yang di sosialisasikan, di kampung Pasarean,Munjul desa Karangnunggal dipilihnya dua kampung tersebut, karena sudah mempunyai riwayat kebencanan seperti terjadinya tanah longsor pada maret 2020 lalu yang mengakibatkan 8 rumah warga rusak berat,2 rusak sedang dan 15 lainya rusak ringan, sebanyak 116 kk yg terdampak akibat bencana tersebut.

Kecamatan Cibeber merupakan wilayah yang memiliki titik lokasi zona bahaya bencana yang cukup banyak tersebar di sejumlah desa diantaranya di desa Karangnunggal,Girimulya,Cibadak,Selagedang,Kanoman dan Cibokor, Desa Cibokor yang mana pada hari Kamis malam (31/05/21) mengalami bencana tanah longsor, mengakibatkan 5 rumah warga tertimbun longsoran tanah,12 rusak sedang dan 15 rumah lainnya terancam jika longsor susulan kembali terjadi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *