Meriahkan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional, PGRI Cabang Cikajang Menggelar Lomba Tradisional

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Reporter : Cepi Gantina
BN News || Garut – Dalam rangka memeriahkan HUT PGRI ke-77 tahun 2022 dan Hari Guru Nasional, PGRI cabang Cikajang laksanakan berbagai perlombaan yang dilaksanakan di Alun Alun Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Jum’at, (19/11/2022).

Bacaan Lainnya

Perlombaan yang di laksanakan tadi yaitu perlombaan tradisional “KABURALEM“ atau Kaulinan Barudak Lembur (Permainan Anak Kampung -red) seperti perlombaan Egrang, Bakiak, Dogongan dan hadangan. Hal tersebut di katakan Dedi Supriatna, M.Pd., Sekretaris Umum PGRI Cabang Cikajang kepada media belanegaranews.com.

“Perlombaan tersebut dipilih dalam rangka melestarikan kembali budaya masyarakat berupa permainan-permainan yang sebetulnya banyak mengandung unsur pendidikan serta menyehatkan tetapi hampir ditinggalkan karena perkembangan jaman,” ucap Dedi.

Setiap ranting diberi tugas untuk menampilkan permainan rakyat yang sudah ditentukan oleh panitia, dan juga mengutus perwakilannya untuk mengikuti permainan yang dilombakan.

Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan tersebut ada 9 ranting, yang terdiri dari ranting SD, ranting TK, ranting SMP dan ranting SMA dan diikuti seluruh anggota PGRI dan di hadiri langsung oleh Camat Cikajang Riyana Tasripin, Korwil Pendidikan Cikajang Otang Saepuloh. Ketua PGRI Cabang Cikajang beserta pengurus, Korwas dan para pengawas.

Dedi selaku Sekjen PGRI cabang Cikajang menjelaskan kalau maksud dan tujuan diadakannya berbagai perlombaan tersebut untuk mempererat tali silaturahmi para guru di wilayah Kecamatan Cikajang agar semakin solid dan kompak.

Lanjut Dedi, untuk anggaran dari kegiatan tersebut merupakan iuran dari para anggota PGRI karena itu sudah menjadi kewajiban para anggota terhadap organisasi dan di sesuaikan dengan kebutuhan.

Berikut rekap hasil pertandingan KABURALEM PGRI Cabang Cikajang :

Ranting CIPASARI
Juara 1 Bakiak (Pi)
Juara 1 Egrang (Pi)
Juara 1 Dogongan (Pi)
Juara 1 Hadangan (Pa)
Juara 2 Egrang (Pa)
Juara 2 Dogongan (Pa)

Ranting CSM
Juara 1 Egrang (Pa)
Juara 1 Bakiak (Pa)
Juara 2 Hadangan (Pi)

Ranting GCG
Juara 1 Dogongan (Pa)
Juara 2 Bakaiak (Pa)
Juara 2 Hadangan (Pa)

Ranting SMPN 2
Juara 1 Hadangan (Pi)

Ranting TK
Juara 2 Bakiak (Pi)
Juara 2 Dogongan (Pi)

Ranting TRIJAYA
Juara 2 Egrang (Pi)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.