Jadilah Generasi Unggulan Yang Cinta Tanah Air, Pesan Danramil 1002-06/Barabai Kepada Siswa SMKN 1 Barabai

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Barabai || Danramil 1002-06/Barabai Kapten Inf Rudi Hartono menjadi narasumebr dalam Kegiatan Pendidikan Karakter Bela Negara Di SMK Negeri 1 Barabai. Senin (20/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut Kapten Inf Rudi Hartono memberikan materi wawasan kebangsaan dan bela negara kepada peserta PKBN (Pendidikan Karakter Bela Negara) SMK Negeri 1 Barabai,

Dijelaskan Rudi Hartono, bela negara bisa dimaknai sebagai sikap dan prilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan kepada Pancasila dan UUD 1945. Pada UUD 1945 telah menegaskan bahwa tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara.

Sampai saat ini, masih ada yang beranggapan bahwa bela negara itu seolah – olah hanya berupa kegiatan memanggul senjata sehinnga menimbulkan presespsi bahwa keadaan damai, aman dan tentram, bela negara tidak relevan dan tidak diperlukan lagi.

Menurut Rudi Hartono , anggapan tersebut sangat-sangat keliru, karena sikap bela negara pada hakekatnya adalah sikap dan semangat pengabdian untuk mengutamakan kepentingan nasional dan kedaulatan bangsa dari pada kepentingan pribadi.

Lebih lanjut Rudi Hartono berharap kepada lulusan SMK Negeri 1 Barabai menjadi generasi yang memilki keunggulan dan menjadi contoh generasi yang memiliki rasa cinta tanah air, kesadaran bernegara terhadap Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara serta rela berkorban bagi bangsa dan negara. Karena, kesadasaran itulah merupakan daya tangkal sekaligus soft power bangsa Indonesia dalam mengejar ketertinggalannya.

“Maju mundurnya bangsa ini, tegak dan teguhnya serta kuat dan hancurnya bangsa ini sangat tergantung kepada seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda yang akan menjadi nahkodanya nanti. Oleh karena itu, banggalah menjadi bangsa Indonesia karena memiliki potensi yang luar biasa menjadi bangsa yang besar”,pungkasnya. (Sumber Pendim 1002/HST//Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.