JABAR Field Day 2023, sebagai Ajang Bergengsi Unjuk Ketrampilan Amatir Radio Se Indonesia

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News.Sumedang || Jawa Barat, ORARI Daerah Jawa Barat menggelar ajang bergengsi unjuk ketrampilan Amatir Radio Jawa Barat, Core ORARI Skill Competition (CORSCOM) 2023 merupakan kegiatan perdana yang diadakan oleh CORE ORARI Daerah Jawa Barat dalam gelaran JABAR FIELD DAY 2023 di Bumi Perkemahan Kiara Payung, Sumedang, Jawa Barat, Sabtu РMinggu (25-26/11/2023).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Ketua Umum ORARI Basmallah dan bunyi sirine, Giat ini selain sebagai ajang perlombaan dan silaturahmi antar anggota CORE ORARI se-Jawa Barat khususnya dan Indonesia pada umumnya, juga secara tidak langsung merupakan sarana untuk melakukan evaluasi terhadap kesiapan dan kesigapan Tim CORE TASK FORCE di masing-masing Lokal (Kabupaten/ Kota) dalam merespon setiap kondisi darurat yang terjadi dilingkungannya.

Hal ini tentu saja sejalan dengan maksud dan tujuan yang terkandung dalam Surat Keputusan Ketua Umum ORARI No. : KEP-068/OP/KU/2009 tentang Pedoman Penyelenggaraan Communications and Rescue (CORE) ORARI, kata Ketua ORARI Daerah Jawa Barat IR. H. Yana Koryana (YB1AR) dalam keterangannya.

“Mengembangkan potensi ORARI, baik sebagai pribadi, kelompok maupun organisasi untuk keberhasilan pelaksanaan upaya Penanggulangan Bencana serta situasi kedaruratan lainnya yang diselenggarakan bersama masyarakat, pemerintah, dan institusi lainnya”, ungkapnya.

Yana Koryana (YB1AR), menejelaskan adapun materi yang diperlombakan dalam kegiatan ini adalah materi komunikasi darurat, materi navigasi darat berbasis aplikasi android (offline) serta materi pertolongan pertama pada korban, yang semuanya dirangkum dalam skenario pencarian dan pertolongan korban di area gunung/hutan.

Selain itu, kemampuan anggota CORE ORARI di lapangan semestinya dapat memenuhi 3 (tiga) kriteria standar yang harus dimiliki yakni :

1. Basic Skill (Emergency Station Equipment and Set-up, Message Handling & Digital Operation, Disaster Management & Operationon),

2. Managerial Skill (Central/Command Post, Net Control Stationon, Advance Team),

3. Technical Skill (Assessment, SAR, Medical First Responder, Survival, Navigation, Pioneering Projects, etc).

Semoga dengan adanya kegiatan CORSCOM 2023 ini akan menjadi kegiatan pembuka bagi kegiatan-kegiatan CORE ORARI lainya sehingga keberadaan CORE ORARI di masyarakat dapat lebih dirasakan manfaatnya serta teruji dan terbukti kemampuannya. Jelasnya.

Sementara menurut Ketua Umum ORARI H. Donny Imam Priambodo, ST., MM., M.RES (YB0DX) selain memberi sambutan juga membuka Jabar Field Day 2023. menyampaikan apresiasi dan bangga kepada Panitia dan Ketua ORDA Jabar, atas kegiatan ini,

Disampaikan juga, bahwa di tahun politik, ORARI tidak memihak, tidak memberikan mendukung secara khusus kepada salah satu partai politik, dan juga tidak melakukan kegiatan politik praktis untuk dan atas nama ORARI, sedangkan secara pribadi silahkan, itu hak sebagai warga negara Indonesia,

“Saya selaku ketua Umum ORARI, berpesan untuk tidak membawa-bawa atas nama pengurus dan atau atas nama anggota ORARI, karena ORARI harus netral dan ORARI menjadi garda terdepat sebagai cadangan komunikasi nasional pada kondisi tertentu dan atau darurat,” ungkapnya.

Selanjutnya, Donny menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah dalam hal ini Kominfo, SDPPI yang telah membebaskan, menggratiskan biaya UNAR dan Perpanjangan IAR menjadi nol rupiah, untuk itu semua saya mohon segenap Jajaran pengurus ORARI Pusat, ORARI Daerah dan ORARI Lokal Kota/Kabupaten, berkewajiban untuk terus memaksimalkan dalam mengurus dan melayani anggotanya dengan baik dan terus semakin baik, pelayanan kepada anggota harus dijadikan no satu.

“Jangan sampai ada anggota ORARI menghubungi Ketua Umum melalui Telpon ataupun WA, dan mengadukan permasalahan keanggotaan, bisa bermakna lain atas kinerja pengurus dalam mengurus anggotanya, dan hindarilah miskomunikasi, begitu juga kepada anggota untuk tidak mudah mengeluh di media sosial tentang masalah-masalah ORARI, cobalah saling berkomunikasi dan saling bersilaturrahmi secara langsung,” pesan tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Balai Monitor Kelas I Bandung Syamsul Huda, menyampaikan apresiasinya dan selamat atas terselenggaranya Jabar Field Day 2023, semoga menjadikan tambahan wawasan dan ilmu keAmatiran Radio.

Syamsul menekankan, betapa pentingnya terus berkolaborasi ORARI bersama Balmon dan semua stakeholder / mitra kerja. Disebutkan juga bahwa ORARI merupakan Organisasi solid dan militan serta menjadi cadangan komunikasi nasional dan juga sebagai salah satu kekuatan komunikasi, dan tidak kurang dari 500 orang yang mengikuti UNAR selama saya bertugas di Bandung.

“Tag line; Frekuesni, dijawab Satukan Negri dan Orda Jabar, juara dijawab oleh semua yang hadir dilokasi,” tandasnya.

Sejumlah tokoh senior tampak menghadiri, baik jajaran struktur pengurus ORARI Pusat, Daerah, Lokal Kabupaten/Kota,Forkopimda, Forkopimcam setempat, maupun stakeholder dan beberapa anggota dan Kontingen dari ORARI Lokal Se ORDA Jawa Barat, DKI, Jawa Tengah, duta dari daerah lainya se Indonesia, undangan lainya bersama simpatisan ORARI. (Kontributor : Djarmanto-YF2DOI//Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.