Dua Hari Menjelang Pelaksanaan Pemilu, Panwaslu Kecamatan Cikajang Menggelar Bimtek Terhadap 263 PTPS se-Kecamatan Cikajang

  • Whatsapp

Sharing is caring!


BN NEWS || Garut – Panwaslu Kecamatan Cikajang menggelar Bimtek (Bimbingan Teknis) Pengawasan Tempat Pemungutan Suara (PTPS) kepada seluruh PTPS di Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Kegiatan yang diselenggarakan di Balai Kemasyarakatan Desa Giriawas ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan pengawas dalam menjalankan tugasnya saat Pemilihan Kepala Desa yang akan segera dilaksanakan.

Bacaan Lainnya

Bimtek yang berlangsung pada Senin (12/2/2024) diikuti oleh seluruh PTPS sebanyak 263, PKD dan Kesekretariatan anggota Panwaslu Kecamatan Cikajang dan dihadiri oleh pimpinan Bawaslu Kabupaten Garut Imam Sanusi, M.Pd., selaku divisi SDMO dan Diklat, Camat Cikajang Riyana Tasripin, S.Sos., Mewakili Danramil, Bati Tuud Koramil 1116/Cikajang Pelda Wibisana Hendra, Mewakili Kapolsek Cikajang Bripka Yudiana Alvian.

Dalam kesempatan tersebut, Panwaslu memberikan materi tentang tugas dan kewenangan pengawas tugas serta teknis pelaksanaan pengawasan di tempat pemungutan suara, pengawasan masa tenang dan arahan pungut hitung.

Ketua Panwaslu Kecamatan Cikajang Wildan Bahru Rozaz, mengungkapkan pentingnya pelaksanaan Bimtek ini untuk memastikan bahwa para pengawas memiliki pemahaman yang baik tentang tugas dan tanggung jawab mereka.

“Dalam pembekalan ini, para peserta juga diajarkan mengenai teknik pengawasan yang efektif, seperti pemeriksaan awal dan pemeriksaan pasca pencoblosan serta metode pengawasan suara,” ungkap Wildan.

Selain itu masih menurutnya, Bimtek ini juga menjadi sarana komunikasi dan koordinasi antara Panwaslu dengan seluruh PTPS di Kecamatan Cikajang. Hal ini sangat penting untuk memperkuat sinergi dalam menjalankan pemantauan dan pengawasan agar pelaksanaan Pemilu 2024 di wilayah Kecamatan Cikajang berjalan dengan lancar, jujur, dan adil.

Sementara Kordiv P2HM Panwaslu Aceng Insan menambahkan, ‘“para peserta Bimtek juga diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan dan berbagi pengalaman dalam menjalankan tugas pengawasan di PTPS. Hal ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan berbagi informasi terkait langkah-langkah pengawasan yang efektif,” ucapnya.

Masih menurutnya, Panwaslu Kecamatan Cikajang juga memberikan apresiasi atas kerja keras dan dedikasi para pengawas tugas sehingga proses kegiatan dapat berlangsung dengan baik. Mereka berharap Bimtek ini dapat menjadi bekal bagi para pengawas untuk meningkatkan kualitas pengawasan dan menjaga integritas Pemilu di Kecamatan Cikajang.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan seluruh PTPS di Kecamatan Cikajang dapat menjalankan tugasnya dengan baik dan menjaga integritas serta transparansi pemilihan. Panwaslu Kecamatan Cikajang juga berkomitmen untuk terus melakukan monitoring dan evaluasi terhadap proses tahapan pemungutan suara agar tercipta Pemilu yang bersih dan aman bagi seluruh masyarakat, khususnya di kecamatan Cikajang. (Cepi Gantina)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.