Satgas TMMD Ke-104 Kodim 0316/Batam Menggelar Penyuluhan Kesehatan Tentang Penyakit TBC

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Batam (BNNews) – Selain mengerjakan kegiatan fisik berupa semenisasi jalan sepanjang 1.139 meter, Satgas TMMD Kodim 0316/Batam melaksanakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan kesehatan bagi warga masyarakat Kelurahan Sembulang, Kecamatan Galang, dengan diikuti kurang lebih 67 warga. Selasa (12/3)

Kegiatan penyuluhan kesehatan tersebut dilaksanakan di Kantor Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang. Tim Satgas TMMD ke-104 Kodim 0316/Batam, sengaja menghadirkan narasumber dari Puskesmas Galang, dr. Nazia, dengan memberikan materi penyuluhan yaitu tentang penyakit TBC, mendeteksi dan cara mengobatinya.

“TBC atau tuberkulosis adalah infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringan tubuh manusia. Bakteri tersebut dapat ditularkan melalui saluran udara. TBC biasanya menyerang paru-paru, dan ditandai dengan batuk tersebut merupakan penyakit menular urutan kedua di Indonesia bahkan dunia,” ungkapkan oleh dr. Nazia.

“Obsesi saya itu ingin masyarakat mendapatkan pengobatan TBC yang benar dan berkualitas. Karena sayang sekali jika mereka tidak mendapatkan pengobatan dengan baik dan benar. Padahal, pengobatan TB dilakukan secara gratis di puskesmas atau pelayanan kesehatan lainnya,” imbuhnya.

“Warga masih belum memahami tentang penyakit TBC, Sehingga dengan dilakukannya penyuluhan ini, mudah-mudahan masyarakat memahami,” harap dr. Nazia.

Sementara ibu Rohaya salah seorang warga yang mengikuti penyuluhan kesehatan tersebut mengungkapkan bahwa, “dengan adanya penyuluhan seperti ini, kami semakin memahami penyakit TBC, di mana yang katakan ibu dokter tadi penyakit yang berbahaya dan dapat menular,” ungkapnya.

“Selain itu kami juga dapat mengenal ibu dokter nazia yang baru berdinas disini, harapan kami sebagai warga, nantinya tidak hanya penyakit TBC saja yang menjadi materi penyuluhan di kampung kita, tapi penyakit-penyakit lainnya,” imbuhnya.

Serda Zulham, salah seorang Satgas TMMD ke-104 Kota Batam menjelaskan maksud digelarnya kegiatan tersebut, dirinya menyampaikan, “kegiatan ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada warga disini, sehingga dapat mengetahui pentingnya Kesehatan,” jelasnya.

Tidak hanya itu saja, lanjut Serda Zulham, “warga juga akan lebih memahami penyakit yang disampaikan oleh dokter, sehingga dapat mengetahui bagaimana cara mendeteksi penyakit TBC, apa ciri-cirinya dan bagaimana mengatasinya,” pungkasnya. (Pendim 0316/Batam-R81)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.