Tanam 2.500 Bibit Pohon Pada Gerakan Gotong Royong Tangan Tuhan Menuju Brebes Berhias

Sharing is caring!

BN News. Brebes || Sebanyak 2.500 batang bibit pohon ditanam dilokasi petak 16 Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog pada program Karya Bakti TNI dengan tema “Gerakan Gotong Royong Tangan Tuhan Menuju Brebes Berhias” yang dicetuskan oleh Komandan Kodim 0713/Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si guna menghijaukan kembali lahan yang gundul. Jum’at, 8/12/2023.

Bacaan Lainnya

Aksi tanam pohon ini melibatkan sekira 100 orang dari seluruh stakeholder terkait yakni unsur TNI, Polri, Pemda Brebes, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, Satpol PP, BPBD, FKPPI, Hipakad, PPM, MDMC, Karang Taruna, Pemdes Dawuhan, Relawan dan masyarakat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sampah (DLHPS) Brebes, La Ode Aris Vindar Nugroho, mengucapkan terima kasih kepada pihak TNI, Polri dan organisasi masyarakat serta warga yang telah membantu penanaman pohon sebanyak 2.500 bibit pohon di Jalan Terusan Dukuh Kaliwadas dan Desa Dawuhan serta Hutan Lindung Petak 16 A. Desa Dawuhan.

“Karya bakti “Gerakan Gotong Royong Tangan Tuhan Menuju Brebes Berhias” ini sangat luar biasa, semoga upaya penanaman ini dapat mencegah terjadinya bencana, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan datang,” ujarnya.

Namun, ke depannya La Ode Aris Vindar Nugroho berharap penanaman pohon akan menyeluruh di kabupaten Brebes. Khususnya daerah-daerah yang berpotensi menimbulkan bencana banjir, sehingga penanaman pohon ini dapat mencegah terjadinya bencana, pada masa yang akan datang.

Sementara itu, Dandim 0713/Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto, S.E., M.Si mengatakan, dengan penanaman pohon ini diharapkan dapat menyerap air, sehingga curah hujan yang tinggi dapat dialirkan ke dalam tanah untuk mencegah terjadinya banjir yang lebih besar.

Adapun jenis pohon yang ditanam bermacam-macam yakni pohon suren dan berbagai macam jenis buah-buahan, dan setelah ditanam agar diawasi bersama-sama, saling menjaga agar pohon bias hidup.

Dandim juga mengharapkan, kehadiran pohon-pohon ini bisa menambahkan estetika di Hutan Lindung Petak 16 A Desa Dawuhan. (Sumber : Pendim 0713/Brebes//Jurnalis : Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.