450 Personil Yonif Raider 301/PKS Yang Tergabung Satuan Tugas (Satgas) Pamtas RI-Malaysia Diberangkatkan

Sharing is caring!

Sumedang, Belanegaranews.com – Sebanyak 450 personil TNI Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 301 Prabu Kian Santang akan melaksanakan tugas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Darat RI-Malaysia, yang diberangkatkan hari ini di Markas Yonif Raider 301 Cimalaka, Kamis (14/2/2019).

Komandan Yonif Raider 301 Prabu Kian Santang, Letkol Inf Andi Hasbullah mengatakan, bahwa telah dilaksanakan Upacara Pelepasan Satgas Yonif Raider 301 Prabu Kian Santang yang turut hadiri oleh sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Sumedang seperti, Dandim 0610 Letkol Arh Novianto Firmansyah, Kapolres Sumedang AKBP Hartoyo dan pejabat lainnya.

Dalam upacara pelepasan Satgas Yonif 301 Prabu Kian Santang, Bupati Sumedang Doni Ahmad Munir bertindak sebagai inspektur upacara.

Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menyampaikan, “mereka akan bertugas selama 9 bulan sehingga, keamanan wilayah perbatasan selalu menjadi perhatian setiap pemerintah yang wilayah negaranya berbatasan langsung dengan negara lain,” ucapnya.

“Pertahanan perbatasan negara pada hakekatnya merupakan bagian dari upaya perwujudan wilayah Nusantara sebagai kesatuan, geografi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan,” terangnya.

Pada kesempatan yang sama Dandim 0610/Sumedang Letkol Arh Novianto Firmansyah mengatakan bagi prajurit menjadi anggota Satgas Pamtas merupakan bagian dari tugas negara.

“Saya berharap kesempatan ini hendaknya bisa dijadikan motivasi untuk memberikan yang tebaik bagi bangsa dan negara, sekaligus menumbuhkan kebanggaan kesatuan bagi masyarakat Kabupaten Sumedang,” ujarnya.

Tak hanya itu yang paling penting Letkol Arh Novianto Firmansyah berpesan kepada 450 orang Satgas Pamtas yang akan bertugas, agar “senantiasa menjaga kesehatan, kebugaran serta tanggung jawab, sehingga dapat kembali pulang ke batalyon dengan selamat tanpa kekurangan satu apapun,” ujarnya. (Pendim 0610/Smd)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.