TMMD Ke-104 TA 2019 Kodim 0316/Batam Gelar Mitigasi Bencana

Sharing is caring!

Batam (BNNews) – Kota Batam merupakan daerah Kepulauan yang rawan akan bencana, salah satu bencana yang sering terjadi yaitu angin puting beliung. Pada tahun ini bencana tersebut sering terjadi di berbagai wilayah di Kota Batam.

Guna mengantisipasi bencana tersebut, TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-104 Kodim 0316/Batam menggelar Mitigasi Bencana Angin Puting Beliung. Bertempat di Sasaran 7 Dapur 6 Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang, dan diikuti oleh warga Dapur 6, Desa Kuala Buluh Kelurahan Sembulang Kecamatan Galang. Kamis (14/3)

Kapten Inf HP Bangun selaku narasumber menyampaikan bahwa kegiatan mitigasi bencana yang dilaksanakan Satgas TMMD Kodim 0316/Batam adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana baik dari faktor alam, non alam maupun faktor manusia.

“Baik itu melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana,” jelas Kapten Inf HP Bangun.

Kapten Inf HP Bangun memaparkan materi mitigasi mulai dari pengertian, gejala, proses terjadinya angin puting beliung, dampak yang ditimbulkan oleh bencana angin puting beliung, dan upaya apa saja yang harus dilakukan untuk mengurangi dampak angin puting beliung.

Di Akhir narasumber memberikan upaya yang bisa dilakukan ketika terjadi bencana angin puting beliung.

“Kenali bulan-bulan Pancaroba, apabila terlihat awan yang tiba-tiba gelap yang semula cerah sebaiknya kita tinggalkan daerah disekitar awan gelap tersebut, cepat berlindung dan menjauh dari lokasi kejadian, dan jika terjadi angin puting beliung, hindari pepohonan yang rindang dan rapuh karena bisa tertimpa pohon dan segera mencari tempat yang lebih aman,” pungkas Kapten Inf HP Bangun. (Pendim 0316/Batam)

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.