Hilman Syaukani, Bersyukur Bisa Mengabdi Di Baznas Cianjur

  • Whatsapp

Sharing is caring!

BN News- Cianjur.

“Alloh  SWT  telah menentukan jalan seperti ini, memberi kesempatan untuk saya bekerja dan mengabdi di  Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Cianjur sehingga  saya bisa banyak belajar kepada mereka yang  memiliki kewajiban berzakat dan yang berhak menerima zakat, sehingga saya lebih memahaminya, dan semoga sebelum orang lain saya sendiri bisa melaksanakannya,” kata  Wakil Ketua Empat  Bidang Humas  Baznas Kab. Cianjur saat ditemui di ruang kerjanya belum lama ini

Hilman Syaukani yang akrab dipanggil Kang Hilman oleh rekan rekan wartawan di Cianjur ini, memang sudah cukup lama berkecimpung dibidang keagamaan, pernah mengelola pesantren, mengelola pendidikan di pesantren, juga aktif di sejumlah Yayasan dan organisasi Islam. Seperti pernah aktif jadi pengurus di Yayasan Al-Kalam, dan saat ini pun jadi pengurus di yayasan  Forum Perencanaan Pembangunan Cianjur (YFP2C) Kab. Cianjur.

Setelah mengurangi kegiatan kegiatan di yayasan, belakangan ini diakui H. Hilman dirinya fokus di Baznas Kab. Cianjur. Sehingga untuk penyesuaian dengan bidang yang dikerjakannya, Ia mengaku sering saat ini  ikut serta pada seminar atau pelatihan  tentang ZIS yang diadaklan Baznas di Cianjur tau pun di tingkat provinsi maupun di tingkat nasional.

“Mungkin semua orang sudah tahu tentang  Zakat,  Infaq dan Sedekah (ZIS), namun saat masuk pada tatanan pelaksanaannya. Tidak sedikit orang yang harus diingatkan kembali tentang ZIS tersebut,” ungkap Hilam mulai bercerita pengalamannya di Baznas.

Maka dengan nampak bahagia, disebutkan H. Hilman, dasar seperti demikian yang membuat dirinya makin nyaman  di Baznas. Sebab,  berkerja juga bisa merupakan bagian dari cara beramal dengan selalu terus mengingtkan pada kebaikan yakni untuk menunaikan Zakat. Apalagi saat ini membawahi bidang Humas.

“Lima Program  yang ditetapkan sebagai unggulan di Baznas ini, yaitu Cianjur Cerdas,  Cianjur  Sehat, Cianjur Taqwa, Cianjur  Makmur dan Cianjur Peduli,  secara langsung  begitu manfaat untuk umat,” ujar H.  Hilam Saukani.

Menurut  Humas Baznas tersebut,  untuk kesuksesan Baznas terkait pelaksanaan program selama ini , tidak kalah pentingnya adalah meningkatkan SDM yang ada guna peningkatan kualitas pelayanan Baznas  kepada masyarakat, teruatama pada masyarakat yang menjadi muzaki/ donatur atau pun mustahik. Sehingga menumbuhkan  kepercayaan penuh masyarakat  terhadap lembaga Baznas Kabupaten Cianjur.

Dalam  pelayanan pengumpulan  ZIS  para muzaki, munfik, mutashodduq dan para donatur lainnya dalam menyalurkan sebagian hartanya melalui kantor Baznas atau Unit Pengumpul Zakat (UPZ) yang telah dibentuk di setiap kantor atau kecamatan  dalam penerimaannya terus lebih ditertibkan dengan kelengkapan administrasi .    ” Dan ini PR ke depan bagi kita. ‘ ujarnya,  (Diah Restuning Rahayu).

Pos terkait