Pembangunan Infrastruktur Meningkatkan Daya Saing UKM

  • Whatsapp

Sharing is caring!

BN NEWS, PURWOREJO

Program TMMD Reguler 109 Kodim 0708 Purworejo yang di laksanakan di Desa Sedayu Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo selain memberi dampak positif bagi warga setempat juga memberikan harapan peningkatan ekonomi bagi warga sekitarnya. Desa Banyuasin Kembaran yang berbatasan langsung dengan Desa Sedayu memiliki salah satu produk lokal batik Ciprat. Tentunya ini bisa menjadi produk unggulan sehingga dengan didukung partisipasi masyarakat tidak mustahil Desa tersebut bisa menjadi desa wisata, apalagi akses ke destinasi wisata Glamping Deloano sudah lancar usai dibangun jalan saat TMMD.

Darminah selaku pengelola mengatakan batik Ciprat Loano ini diproduksi oleh perkumpulan (DIRI) Disabilitas Intlektual Restu. Namun sekarang dengan adanya program Kemensos tentang asistensi bisa merekrut difabel selain intlektual.

“Dalam perkumpulan ini pengelola melibatkan belasan anak yang berkebutuhan kusus atau disabilitas dengan didapingi oleh orang tua berkarya dalam pembuatan batik, masker, dan dompet”ungkapnya.

Lebih lanjut Darminah menyampaikan dipilihnya anak disabilitas dalam memproduksi batik Ciprat ini, karena rasa keprihatinan dirinya terhadap nasib anak berkebutuhan kusus yang di pandang sebelah mata atau di kesampingkan oleh orang lain.

Dengan adanya program TMMD Reguler 109 Kodim 0708 Purworejo yaitu pembangunan akses jalan menuju tempat wisata sepanjang 1.665 meter lebar 4 meter oleh Satgas TMMD dan masyarakat, maka para pengunjung akan dimudahkan jika ingin ke lokasi daerah wisata. Sehingga batik Ciprat ini bisa dijadikan sufenir bagi wisatawan yang datang menujug Galmping Deloano dan juga akan mengangkat kesejahteraan bagi anak berkebutuhan kusus di wialayah Kecamatan Loano.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Kav Susanto, S.I.P., M.A.P. mengungkapkan bahwa penyediaan infrastruktur yang baik merupakan salah satu syarat bagi pertumbuhan ekonomi wilayah secara berkesinambungan. Dengan begitu diharapkan dapat memberikan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Pembangunan infrastruktur dapat memberikan multiplier effect positif ke berbagai sektor terutama industri rumah tangga atau UKM sehingga dapat meningkatkan aktivitas ekonomi yang pada akhirnya mendorong daya saing Indonesia” ungkapnya. ( Pendim 0708 / Purworejo / Red ).

Pos terkait