LP2M Universitas Widyatama (Utama) Bandung Menggelar Webinar “Natural Language Processing (NLP) for Education ”

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Reporter : Minda/Taufik

Bandung – Jawa Barat

BN News || BANDUNG

~ Rabu (05/01/2022) Lembaga Penelitian Pengabdian Kepada Masyarakat & Modal Intelektual (LP2M) Universitas Widyatama Bandung menggelar Webinar Internasional dengan topik “Natural Language Processing For Education (NLP)” mulai pukul 09.00 Wib sd selesai dengan mitra Jolly Good English Course.

Pembukaan Webinar ini dipandu oleh Moderator Yan Puspitarani, S.T., M.T. dari Universitas Widyatama (UtaMa) Bandung Indonesia.
Peserta Webinar ini berasal dari Luar negeri dan seluruh Indonesia juga Austria dengan latar belakang Dosen, Praktisi, Guru, Mahasiswa dan umum.

Natural language processing (NLP) adalah cabang dari kecerdasan buatan yang berhubungan dengan interaksi antara komputer dan manusia menggunakan bahasa alami. Menurut Textmetrics, NLP digunakan untuk mengukur sentimen dan menentukan bagian mana dari bahasa manusia yang penting.

Webinar Internasional ini menghadirkan pembicara yang berkompeten di bidangnya yaitu Ibu Dr.Nur Zareen Zulkarnain dari Universiti Teknikal Malaysia Malaka (UteM) dan Ibu Fitrah Rumaisa, S.T., M.Kom dari Universitas Widyatama (UtaMa) Bandung Indonesia.

Dr.Nur Zareen Zulkarnain dari Universiti Teknikal Malaysia Malaka (UteM) menyajikan judul “ NLP for Education” menyampaikan materi bahwa Natural Language Processing (Pemrosesan Bahasa Alami) merupakan cabang dari Artificial Intelligence yang berhubungan dengan interaksi antara mesin (komputer) dan manusia menggunakan bahasa natural. Secara sederhana, Natural Language Processing (NLP) dapat didefinisikan sebagai kemampuan suatu komputer untuk memproses bahasa, baik lisan maupun tulisan yang digunakan oleh manusia dalam percakapan sehari-hari.

 

Foto : Dr.Nur Zareen Zulkarnain dari Universiti Teknikal Malaysia Malaka (Yokie)

Lanjutnya sda berbagai terapan aplikasi dari Natural Language Processing, seperti aplikasi terjemahan bahasa (Google Translate), aplikasi Chatbot untuk menanggapi permintaan pengguna tertentu, fitur proofreading yang terdapat dalam Microsoft Word atau Google Docs yang bertujuan untuk memeriksa keakuratan tata bahasa teks, Aplikasi Personal Assistant seperti OK Google, Siri, Cortana, dan Alexa.
Selain itu, Natural Language Processing juga berperan dalam mesin pencarian (Google, Yahoo, dan lainnya). Contohnya ketika kita sedang mencari suatu hal di Google Search Engine, maka secara otomatis Google Search Engine akan menampilkan beberapa kalimat yang relevan dengan apa yang sedang kita cari ujarnya.

Sementara itu Pembicara selanjutnya Fitrah Rumaisa, S.T., M.Kom dari Universitas Widyatama (UtaMa) Bandung Indonesia yang menyajikan judul “Natural Language Processing (NLP) Kegunaan dan tantangannya.

Foto : Fitrah Rumaisa, S.T., M.Kom dari Universitas Widyatama (UtaMa) Bandung (Yokie)

Fitrah Rumaisa, S.T., M.Kom menjelaskan bahwa pemrosesan bahasa alamiah membantu komputer berkomunikasi dengan manusia dalam bahasanya sendiri dan membuat skala tugas-tugas yang terkait bahasa lainnya.

Misalnya, NLP memungkinkan komputer untuk membaca teks, mendengar ucapan, menafsirkannya, mengukur sentimen, dan menentukan bagian mana yang penting.

Kapabilitas NLP berguna untuk memproses data secara akurat berkat pengumpulan data dalam jumlah masif yang lebih kita kenal dengan big data.

Perusahaan-perusahaan besar seperti Yahoo dan Google dapat menghentikan spam dengan cara memfilter dan mengklasifikasikan dengan analisa NLP yang melewati server mereka.

Natural language processing adalah memungkinkan industri kesehatan untuk melakukan pengenalan dan prediksi suatu penyakit berdasarkan atas rekam medis elektronik seorang pasien dan perkataan pasien sendiri. Kemampuan ini sedang dijelajahi untuk membantu pendiagnosaan seperti penyakit pernafasan, depresi dan bahkan skizofrenia.

Sebuah organisasi dapat menentukan apa yang pelanggan mereka katakan tentang layanan atau produk mereka dengan mengidentifikasi dan mengambil informasi dari sumber seperti media sosial.

Natural language processing adalah dapat digunakan untuk melacak berita laporan dan komentar tentang sebuah penggabungan perusahaan, serta mendapatkan wawasan tentang apa yang orang-orang bicarakan merupakan suatu hal yang sangat berharga bagi seorang pedagang keuangan.

Bahkan NLP juga dapat digunakan untuk pencarian dan fase pemilihan dari rekrutmen bakat dengan mengidentifikasi kemampuan dari calon karyawan atau bahkan melacak mereka sebelum mereka aktif dalam bursa kerja.

Fitrah Rumaisa, S.T., M.Kom menambahkan adapun tantangan dalam NLP adalah ambiguitas bahasa alami, representasi pengetahuan adalah tugas yang sulit, terdapat berbagai tingkat informasi dalam bahasa kita dan terdapat beragam aplikasi untuk teknologi bahasa.

NLP adalah bidang studi tersulit dalam kecerdasan buatan. Tetapi, jika kita berhasil dalam pengembangan NLP maka dampak positifnya sangatlah besar.

 

Foto : Peserta Webinar Internasional NLP for Education (Yokie)

Kesimpulan dari Webinar ini bahwa Natural Language Processing adalah abang dari artificial intelligence yang terlibat dalam interaksi antara manusia dan komputer menggunakan bahasa natural. Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat diiringi dengan penggunaan internet yang sudah semakin lumrah, NLP kini telah memiliki peran penting dalam mendukung interaksi antar manusia dan mesin dalam kehidupan sehari-hari.

Dimulai dari kegiatan sehari-hari hingga tugas-tugas dalam industri tertentu seperti kesehatan dan informasi teknologi, NLP dalam tugasnya mempelajari bahasa manusia dengan cara analisa sintaksis dan skematik.

 

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.