Diduga Terjangkit PMK,Polri Laksanakan Pendampingan Pengambilan Sampel Darah Sapi 

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Reporter   : Warto

Sumber     : Humas Polres Cilacap

BN News || CILACAP~

Anggota Polres Cilacap, melaksanakan pendampingan pengambilan sampel darah sapi di desa Panulisan Timur Kecamatan Dayeuhluhur Kabupaten Cilacap,Minggu (15/5/2022).

Kegiatan ini bertujuan untuk menanggulangi penyebaran virus mulut dan kuku pada sapi yang saat ini sedang marak di berbagai daerah. Salah satunya yaitu dengan cara mengambil sampel darah sapi, kemudian diperiksa di laboratorium oleh tim BBVET (Balai Besar Veteriner) Wates Jogja.

Pengambilan sampel darah sapi kali ini dilakukan di kandang sapi milik Bapak Giso Sukarjo Dusun Neglasari Rt 02 Rw 06 Desa Panulisan Timur Kecamatan Dayeuhluhur . Total sapi yang dimiliki ada 17 ekor dan semuanya masih menunggu hasil dari laboratorium.

Untuk melaksanakan pencegahan terkait virus tersebut Dokter Hewan dari Dinas Pertanian melakukan langkah langkah sebagai berikut :

Pemberian Terapi Suportif, Pemberian larutan fisiologis untuk mencuci luka, Komunikasi informasi edukasiedukasi mengenai Penyakit PMK.

Polri dan Instansi terkait juga membentuk tim teknis lapangan (medik & penyuluh ) untuk terjun ke daerah yang terkonfirm wabah PMK, juga melaksanakan sosialisasi kepada para peternak seluruh pelaku usaha ternak terkait pencegahan & penanganan penularan wabah PMK di Kabupaten Cilacap.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.