Peringati HUT Ke-77 TNI, Kodim 0610/Smd Gandeng Cv Ebod Gelar Festival & Kompetisi Burung Berkicau

  • Whatsapp

Sharing is caring!


BN News || Sumedang – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke – 77 TNI, Kodim 0610/Smd gandeng Cv. Ebod menggelar festival dan kompetisi burung berkicau, bertempat di lapangan Makodim 0610/Smd Jl. Pangeran Kornel No. 164 Kel. Pasanggrahan Baru Kec. Sumedang Selatan Kab. Sumedang, Minggu (30/10/2022).

Bacaan Lainnya

Demikian disampaikan Kapendam III/Slw Letkol Inf Adhe Hansen kepada awak media di Kantor Pendam III/Slw Jl. Aceh No. 69 Kota Bandung Jabar, Senin (31/10/2022).

“Festival dan kompetisi burung berkicau tersebut digelar beragam kategori yang dilombakan untuk memperebutkan *Piala Dandim Sumedang*,” ujarnya.

Kategori dan jenis burung berkicau yang dilombakan antaralain, kategori I Dandim 0610/Smd kelas murai batu, katagori II Ebod Joss (murai batu, murai ring APBN, kacer, C hijau dan kenari kecil, kategori III Ronggolawe (murai batu dan anis merah), kategori IV Ebod Vitt (murai Paud, murai batu, dan anis merah, kategori V Nanjung 105 (murai batu, murai Paud A, murai Paud B, anis merah, kacer, C hijau dan kenari kecil, kemudian kategori VI Jati Jajar (kacer, C hijau, kenari setandar kecil, trucukan umum 1000, trucukan umum LOSP, trucukan umum 500 dan trucukan pemula 300.

Untuk para juara tiap-tiap kategori mendapatkan piagam penghargaan, piala dan uang pembinaan, namun hal itu menurut Kapendam bukanlah yang utama, dikatakannya _*Pantang mulang sebelum gantang*_, lomba bukanlah untuk mencari kemenangan tapi persaudaraan dan mempererat tali silaturahmi,” ujarnya.

Lanjut dikatakannya, festival dan kompetisi burung berkicau tersebut diikuti oleh 638 orang peserta. Mereka tidak hanya berasal dari Sumedang, namun juga berasal dari luar Sumedang seperti dari Tasikmalaya, Indramayu, Bandung, Cirebon juga dari Ciamis turut andil dalam gelaran festival tersebut.

Senada dikatakan Kapendam, Dandim 0610/Smd Letkol Inf Hendrix Fahlevi Rangkuti mengatakan, digelarnya festival dan kompetisi burung berkicau merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke-77 TNI, bertujuan selain sebagai sarana menyalurkan hobi juga untuk meningkatkan tali silaturahmi dan kebersamaan sesama pecinta burung berkicau serta memberikan hiburan bagi masyarakat sekitar. Tentunya juga sebagai upaya membantu pemerintah dalam memajukan Kabupaten Sumedang.

Dandim menegaskan, kebersamaan TNI dengan Rakyat harus terus ditingkatkan, tidak hanya pada momen HUT TNI saja, tetapi di segala momen. Dirinya pun berharap semoga kebersamaan Kodim 0610/Smd dengan masyarakat semakin manunggal guna menjaga kesatuan dan persatuan serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dalam kesempatan yang sama Ketua Pelaksana kegiatan Festival dan kompetisi burung berkicau H. Makhfud Solaeman yang akrab dipanggil H. Ebod mengucapkan terima kasih kepada Dandim Sumedang karena telah memberikan kesempatan kepada para pecinta burung menyelenggarakan kompetisi yang sudah sekian lama tidak dilaksanakan dikarenakan kondisi Covid 19 yang melanda.

Kapendam menambahkan, dengan digelarnya Festival dan kompetisi burung berkicau tersebut memberikan dampak positif terhadap kehidupan sosial masyarakat sekitar, yaitu meningkatkan perekonomian. Banyak masyarakat yang memanfaatkan momen tersebut untuk berjualan termasuk pemanfaatan lahan parkir sehingga pendapatan masyarakat meningkat. (Pendam III/Siliwangi).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.