Peduli Warga, PC LPBI NU Sragen, PMI dan Ganefo, Kirim Air Bersih di Kawasan Terdampak Kekeringan

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Sragen || Pengurus Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (LPBI PC NU) Sragen, melaksanakan aksi kemanusiaan dengan mengirimkan bantuan air bersih untuk membantu masyarakat yang membutuhkan air bersih, guna memenuhi hajat kehidupanya, hari ini Jum’at (25/08/2023) Jam 13:30 – 17:00 Wib, di dukuh pule, kecamatan Tangen Kab Sragen, dipimpin langsung oleh kordinator lapangan Totok.

Ketua LPBI PC NU Sragen Kusni Mubarok, menyampaikan beberapa pekan terakhir ini wilayah Sragen, Jawa Tengah, mulai nampak tanda-tanda mengalami krisis air bersih, hal tersebut dampak dari kemarau pada tahun ini, katanya.

“Ratusan warga di beberapa wilayah, khususnya di Dukuh Pule RT 006, 007, 016 dan 017, Desa Denanyar yang termasuk wilayah Kecamatan Tangen Kabupaten Sragen, dan lainnya harus mengantri pasokan air bantuan dari masyarakat daerah kota dan sekitarnya,’ ungkap Mubarok.

Sebelumnya kordinator lapangan Totok, dilokasi melalui jaringan telpon kepada awak media Jum’at (25/08/2023) sore, menjelaskan untuk membantu meringankan beban warga tersebut, PC LPBI NU Sragen bersama PMI dan Relawan Ganefo Sragen dan warga bahu membahu memasok air bersih ke sejumlah wilayah yang berdampak kekeringan, jelasnya.

“Kita koordinasi dengan seluruh pengurus, anggota, PMI dan relawan Ganefo Sragen, dan komponen masyarakat, bergotong-royong dan menyisihkan sebagian rejekinya, berpatungan untuk membiayai aksi kemanusiaan dengan pendistribusian air ke daerah yang menjadi titik sasaran,” tandas Totok.

Selanjutnya kordinator lapangan Totok, mengemukakan bahwa mulai hari ini tim akan intens melakukan kordinasi dan pemantauan untuk sigap membantu masyarakat yang ada di desa-desa membutuhkan air bersih karena terdampak kekeringan, Hal tersebut dilakukan dengan sistem pembagian waktu antaranggota dan juga kordinasi dengan PCNU beserta jajaranya, imbuhnya.

“Kami mendapat terus mendata daerah-daerah mana yang terdampak. Maka tim LPBINU mendampingi droping agar sesuai dengan permintaan warga yang masuk,” jelas rincinya Totok.

Salah satu relawan Ganefo Rudi, mewakili warga dilokasi, menyampaikan terima kasih kepada PC LPBI NU Sragen dan PMI, yang turun memberikan perhatian dan bantuan air bersih, kata Rudi.

“Mari semua komponan dan element masyarakat di Sragen, segera kita ikuti bersama-sama semangat juang aksi kemanusiaan yang dilakukan oleh PC LPBI NU Sragen dan PMI gotong-royong, bahu-membahu, memberikan perhatian dan bantuan untuk saudara kita yang saat ini sedang mengalami kesulitan air bersih dan kebutuhan lain diwilayah Sragen, pungkas Totok. (Sumber : Djarmanto-YF2DOI//Red).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.