Logistik Pemilu Mulai Didistribusikan ke KPPS

Sharing is caring!

Blora (BNNews) – Jajaran KPU di tingkat kecamatan Blora, mulai mendistribusikan segala kebutuhan logistik Pemilu 2019 ke tingkat KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara, Red) minggu (14/4). Berbagai logistik yang didistribusikan, meliputi kotak suara, surat suara, bilik suara, dan berbagai kebutuhan logistik pemilu seperti tinta dan alat tulis lainnya.

Untuk PPK Blora, pengiriman logistik pemilu dari PPK akan berlangsung selama satu hari, “Pada tanggal 14 april, dilakukan pengiriman kotak suara dan surat suara DPR, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten dan DPD. Sedangkan tanggal 15 April, baru akan dilakukan pengiriman kotak suara pemilihan presiden berikut surat suaranya,” jelas Ketua PPK Ika Rahmawati.

Dia menyebutkan, dalam proses pengiriman logistik tersebut, seluruh surat suara sudah dimasukkan dalam kotak suara yang tersegel. Segel kotak suara ini baru bisa dibuka pada saat hari H pemilihan, oleh petugas di masing-masing TPS dengan disaksikan seluruh pihak yang terkait dengan pelaksanaan pemilu di TPS.

Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, Ika menyatakan, pengiriman kotak suara dan seluruh logistik pemilu, mendapat pengawalan ketat dari pihak TNI dan kepolisian. Demikian juga saat masih tersimpan di KPPS serta proses distribusi ke PPS dan TPS, juga akan mendapat pengawalan pihak TNI dan kepolisian.

Bahkan dalam acara pelepasan logistik pemilu yang secara simbolik dilakukan Ketua PPK Blora Ika Rahmawati, juga dihadiri oleh perwakilan Bawaslu.

“Proses pengiriman logistik pemilu ini memang akan mendapat pengawalan ketat dari anggota TNI dan Polri dengan cara melekat kepada truk yang membawa logistik. Kita harus pastikan logistik pemilu bisa sampai dengan selamat di PPK,” jelasnya.

Ketua PPK, menyebutkan kebutuhan logistik yang didistribusikan ke KPPS meliputi kotak suara, surat suara, berikut seluruh kelengkapan logistik pemungutan suara.

“Setelah sampai di KPPS, pengamanan akan dilanjutkan oleh petugas masing-masing KPPS bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Linmas,” jelasnya. (PenBRT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.