Kodim 0711/Pemalang Menyelenggarakan Pembinaan Netralitas TNI dalam Pemilu dan Pilkada tahun 2024

  • Whatsapp

Sharing is caring!

Bacaan Lainnya

BN News. Pemalang || Sebagai komitmen TNI dalam rangka ikut serta menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah, Kodim 0711/Pemalang Korem 071/Wijayakusuma menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Netralitas TNI dalam Pemilu dan Pilkada tahun 2024, Rabu (7/2/2024).

Kegiatan tersebut bertemakan “Melalui Pembinaan Netralitas TNI Dalam Pemilu dan Pilkada, Kita Wujudkan Profesionalisme TNI dengan Bersikap Netral Dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada serta Senantiasa Mendukung Suksesnya Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada yang Luber dan Jurdil di seluruh wilayah NKRI”.berlangsung di Aula Oerip Soemohardjo Jl. Brigjen Katamso No. 43 kelurahan Sugihwaras kecamatan/kabupaten Pemalang.

Kegiatan Pembinaan Netralitas TNI dalam Pemilu dan Pilkada tahun 2024 Kodim 0711/Pemalang diikuti 100 orang yang terdiri dari anggota Kodim baik militer maupun PNS dan Keluarga Besar TNI (KBT).

Dalam sambutanya, Dandim 0711/Pemalang Korem 071/Wijayakusuma Letkol Inf Ade Afri Verdaniex, S.I.P., melalui Kepala Staf Maypr Cba Eko Budi Sardjono, mengucapkan selamat datang kepada para peserta kegiatan pembinaan netralitas TNI.

Menurutnya, bahwa TNI memegang peran yang sangat penting dalam menciptakan Pemilu dan Pilkada tahun 2024 yang damai dan bahagia. Selain sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban pada pelaksanaan Pemilu, sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 ditegaskan bahwa Tentara Profesional yaitu tentara yang terlatih, terdidik, diperlengkapi secara baik dan tidak berpolitik praktis.

“Harus kita pahami bersama, bahwa tidak berpolitik praktis dimaknai dengan konsistensi netralitas TNI yang merupakan bagian dari komitmen TNI dalam rangka ikut serta menyukseskan Pemilu tahun 2024,” tambahnya.

Dandim juga menyampaikan, TNI berkomitmen untuk menjamin keamanan dan kelancaran dalam rangka mewujudkan Pemilu dan Pilkada tahun 2024 berlangsung dengan aman, damai dan sejuk.

Dandim berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, lancar serta mencapai sasaran yang diharapkan yakni terwujudnya sikap netralitas TNI dalam pelaksanaan Pemilu dan Pilkada tahun 2024, serta terhindarnya prajurit dari kegiatan politik praktis yang dapat merusak citra TNI di mata masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi dari beberapa narasumber antara lain Danramil 03/Petarukan Kapten Cpm Suwaryo dengan materi pedoman netralitas TNI Pemilu dan Pilkada.

Sedangkan Danramil 07/Ampelgading Kapten Arh Teguh Widodo menyampaikan materi implementasi netralitas TNI dalam Pemilu dan Pilkada serta penyelesaian tindak pidana/pelanggaran Pemilu dan Pilkada. (Sumber : Pendim 0711/Pemalang//Jurnalis : Warto).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.